A review by lovunakim
A Man Called Ove by Fredrik Backman

5.0

A Man Called Ove by Fredrik Backman

Baca buku ini karena disuruh temenku ₍ᐢ•ﻌ•ᐢ₎
Ternyata bukunya bagus banget! Buku ini bikin ketawa, sedih, terharu, jengkel, pokoknya semua campur aduk.
Alur cerita dalam buku ini maju mundur. Ove memiliki masa lalu yg keras karena didikan ayahnya, hal itu membuat Ove menjadi pribadi yg tempramental.

Ove adalah seorang kakek tua yg memegang prinsip dan kebeneran, ia sangat kaku dan tidak suka jika ada yg melanggar peraturan. Hidup Ove terbilang membosankan, dan hitam putih, namun setelah ia bertemu dengan Sonja, ia mulai melihat warna dalam diri Sonja. Ia jatuh cinta dengan Sonja. Ove dan Sonja adalah dua pribadi yg saling bertentangan, namun mereka saling melengkapi satu sama lain.

Ketika Sonja meninggal, Ove kehilangan semangat hidupnya. Ia ingin bersama Sonja. Ove menarik diri dari lingkungan dan orang-orang disekitarnya. Dia berusaha untuk mengakhiri hidupnya, namun upayanya itu selalu gagal. Ada saja yg membuat aksi bunuh dirinya gagal. Lalu kehadiran tetangga barunya mulai memengaruhi kehidupan Ove.
Ove yg temperamental akhirnya perlahan luluh oleh keluarga kecil itu. Ove yg sebenernya adalah seorang yg baik dan penyayang.

Mungkin saat awal membaca buku ini kamu tidak akan terlalu menyukai sosok Ove, namun perlahan kamu akan mulai mencintai Ove dari segala yg ia lakukan dalam buku ini.

Buku ini memiliki penulisan yg cukup unik di setiap chapter nya, seperti diary keseharian Ove dengan orang-orang disekitarnya, tiap chapter memiliki kisah yg berbeda yg bila disatukan akan menjadi kisah utuh seorang Ove. Gaya bahasa yg cukup lawak juga tidak lepas dalam buku ini.

Buku ini sangat sangat bagus dan sangat aku rekomendasikan untuk kalian baca!
ฅ^•ﻌ•^ฅ