A review by neshasurya
Cadil: sebuah novel tanpa huruf by Triskaid Kaman

4.0

dystopian satir yg bukan cuma unik, tapi juga mengangkat isu politik, cara kita mendidik anak, kenapa anak-anak zaman sekarang punya nama-nama aneh, sampe patriarki. ternyata gak salah juga aku baca karena fomo hahaha (korban gramed book sale bulan lalu). 

aku suka ketika bukunya membahas alasan kenapa si diktator melarang huruf e dan buku-buku miring. berasa lagi denger dongeng tentang orba sih. 

bukunya tuh lucu banget. apalagi ketika menyindir kenapa jaman sekarang jarang banget ada orang yang hobi baca (tapi hobi kepoin urusan orang). ada adegan yg ngingetin sama sinetron si entong. kita tinggal bakar sebuah buku, kemudian meminum abu hasil pembakarannya. dijamin langsung pinter. kocak dah. 

awalnya skeptis, masa sih di satu buku gak ada huruf itu satupun? sempet ngira bakal penuh dengan istilah-istilah aneh atau bikin aku mencari-cari huruf e. ternyata malah bisa baca dengan nyaman lho.

tapi tentu aja yg paling aku suka sebenernya adalah cara penulisnya memilih nama karakter. dul tuh singkatan dari gundulmu. sampai ada satu karakter yang dikasih nama 🐷. berkali-kali muncul di buku ya cuma pake gambar 🐷 saja. baca penjelasan gimana melafalkannya ya makin ngakak lagi 😂